Rabu, 01 Mei 2013

TABULAMPOT BUAH NAGA

Selain menghasilkan buah yang mengandung banyak kasiat, buah naga juga unik di jadikan tanaman hias. Jadi, selain dibudiyakan untuk di ambil buahnya, tanaman buah naga dapat di kembangkan untuk di jual sebagai tanaman hias.




Tumbuhan buah naga dapat di jadikan tanaman hias yang mempercantik rumah.


Tanaman buah naga yang di tanam sebagai tanaman hias akan memperindah halaman rumah. Bagi yang tidak memiliki halaman rumah yang luas, tidak perlu khawatir. Tanaman buah naga tetap dapat menghiasi rumah dengan cara di tanam di dalam pot atau sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot). Cara membuat tabulampot buah naga sebagai berikut.



1.       Mempersiapkan bahan dan alat
Bahan dan alat yang di perlukan;
a.       Bibit tanaman buah naga,
b.      Media tanam berupa campuran tanah, pasir, bubuk bata merah,
c.       Pupuk kandang, kompos dan dolomit,
d.      Pot,
e.      Besi untuk tiang panjatan,
f.        Alat-alat untuk berkebun.

2.       Langkah pembuatan tabulampot
Langkah pertama adalah memilih pot. Pilih pot dari tanah liat. Alasannya, karena pot mudah menyerap air (porous). Ukuran diameter pot sekitar 40-50 cm. Selain itu sediakan tiang panjatan. Untuk tiang panjatan, pilih yang kuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm. Buatlah tinggi tiang 200 cm. Seluruh tiang panjatan di beri sabut kelapa yang di ikatkan. Pada bagian bawah tiang di buatkan kaki-kaki tiang. Panjang kaki tiang sekitar 35 cm, dan di bentuk trapesium dengan ukuran 30 cm. Setelah itu, pulas dengan aspal agar tidak gampang kropos. Bagian atas tiang di buat piringan dengan diameter 40 cm. Pada bagian tengah piringan di beri besi yang di pasang bersilang. Pada pertemuan silangan, beri besi tegak lurus sepanjang 30 cm, yang nantinya di masukkan pada bagian ujung tiang.


Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang di gunakan berupa campuran tanah, pasir, bubuk batu bata merah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1 : 2 :2 : 3 : 1. Campur media dengan merata dan masukkan dalam pot hingga 80% volumenya. Tambahkan dolomit 100 gr/pot dan pupuk Hortigo 20 gr/pot. Siram sampai basah dan biarkan semalam.

Selanjutnya menyiapkan bibit. Sebaiknya, beli bibit dari penangkar tanaman buah naga sehingga kuwatitasnya terjamin. Pilih bibit stek batang yang panjangnya 60 cm dan diameternya 7 cm. Setelah itu, buat 3 lubang tanam dalam pot dengan kedalaman 10 cm dan diameter 6 cm. Tanam bibit dalam lubang tersebut. Setelah di tanam, tekan media di sekitar bibit agar padat. Ikat bibit agar tidak mudah roboh. Basahi permukaan media dengan sedikit air. Usahakan agar jangan sampai menggenangi pangkal batang. Pangkal batang yang terkena air akan membusuk.

Langkah terakhir, letakkan pot yang telah di tanami tanaman buah naga di lokasi yang mendapat sinar matahari penuh, terutama pada pagi hari. Tanaman buah naga akan tumbuh dengan baik, dapat di nikmati keindahannya dan tentu buahnya.

4 komentar:

  1. niceposting, keep sharing ya, ada sedikit referensi lagi ni Pengaruh Konsentrasi Pupuk Daun terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tabulampot Buah Naga http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/35562

    BalasHapus
  2. Siip..aku akan coba ubah cara tanm buah naga tambulapotku. Trims.

    BalasHapus
  3. Siip..aku akan coba ubah cara tanm buah naga tambulapotku. Trims.

    BalasHapus