Rabu, 01 Mei 2013

PRODUKSI BUAH NAGA

Buah naga dapat di panen sekitar 30 sampai 40 hari setelah bunga mekar. Pada panen perdana, rata-rata setiap batang tanaman akan menghasilkan empat buah naga.Produksi selanjutnya akan meningkat pada panen kedua, ketiga, dan seterusnya, asalkan di lakukan perawatan dan pemupukan denga baik. Tanaman buah naga mampu berproduksi terus menerus hingga lebih dari 20 tahun.


A.      Panen dan Pasca Panen
Buah naga yang masak berawarna hijau kekuningan. Sat masak, buah naga berwarna merah jambu menawan dengan sisik yang berwarna hijau kekuningan. Berat satu buah naga masak mencapai 300 gr hingga 500 gr. Bahkan ada yang beratnya mencapai 1000 gr.
Berikut ini presentase rata-rata hasil panen menurut berat buah, pada setiap satu hektar tanaman.

Berat
Presentase
Di atas 700 gr
3 %
500 - 700 gr
12 %
300 - 500 gr
65 %
Kurang dari 300 gr
20 %

Buah naga harus di panen hati-hati, agar  sayap-sayap buah yang menjurai mirip sisik tidak rusak. Untuk mengambil buah naga dari pohonnya harus menggunakan gunting tanaman yang tajam dan bersih.

Setelah di panen di lakukan penyortiran. Buah yang pilih harus segar, keras, berkilat dengan sisik kehijuan. Buah yang telah di sortir dapat di masukkan ke dalam keranjang sipa di kirim ke konsumen.

Dari segi ketahanan, buah naga dapat bertahan selama 45 hari jika di letakkan dalam ruang pendingin. Jika berada pada suhu ruang, buah naga dapat bertahan selama 15 hari. Karena ketahanan tersebut, buah ini cocok untuk di jadikan komoditas ekspor.

B.      Mutu Buah Naga

Mutu buah naga dapat di nilai dari ukuran, berat, buah, juga kemanisannya. Berdasarkan beratnya, buah naga dapat di bedakan dalam lima kategori sebagai berikut.

Mutu
Berat
AA
601 gr ke atas
A
451 – 600 gr
B
351 – 450 gr
C
250 – 350 gr
D
250 gr ke bawah

Mutu buah naga juga dapat di lihat dari kondisi dan penampilan luar buah. Buah naga yang baik untuk di konsumsi harus sehat, tidak ada luka-luka di bagian kulit buah.

Buah yang terluka di bagian luarnya di khawatirkan akan berpengaruhdi bagian dalamnya. Jika buah di tekan sudah sedikit empuk, berarti buah sudah cukup matang untuk di komsumsi. Buah naga yang baik juga masih di selimuti oleh sisik atau sulur yang berwarna hijau kekuningan pada kulitnya yang berwarna merah jambu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar